Komputer Apple Macintosh 128k Lahir Kembali

0
321

Komputer Apple Macintosh yang diproduksi tahun 1984 memang sangat legendaris. Dengan desain kotak mungil lengkap dengan handle di bagian atas untuk menentengnya, komputer ini terbilang paling canggih di jamannya. Dilengkapi dengan monitor CRT 9 inch, keyboard dan mouse, Macintosh 128k yang merupakan PC pertama yang dibuat Apple ini dijual dengan harga $2,495 atau jika dikonversikan di tahun 2015 setara dengan $5,683.

Dan kini komputer legendaris ini dirilis ulang replikanya, tentunya dengan desain yang ekslusif. Macintosh 128k edisi khusus ini dibungkus dengan casing kayu yang terbuat dari kayu walnut yang dipahat dengan tangan dan juga lapisan kuningan. Desainer yang membuatnya adalah Love Hulten yang berasal dari Swedia. Hulten dikenal sebagai desainer yang memadukan teknologi modern dengan pengetahuan artis tradisional dan sudah membuat replika unik untuk Game Boy Advance SP. Komputer kotak yang terlihat klasik dan unik dan disebut dengan Golden Apple ini juga dilengkapi dengan handle di bagian atas yang memudahkan komputer ini ditenteng-tenteng serta keyboard yang dilapisi dengan emas.

Dalam pernyataannya, Design Boom yang merilis Apple Macintosh berlapis kayu ini menyebut bahwa proyek buatan tangan ini terbuat dari kayu walnut Amerika dan bukan dari plastik yang dicetak. Namun untuk dimensinya dibuat sama persis. Replika ini juga memiliki pegangan tangan yang berada di bagian atas casing untuk mengangkat komputer. Golden Apple ini juga sudah dibenami dengan mac mini di dalamnya dan floppy drive sudah diganti dengan DVD reader. Keyboard mekanis yang dibuat dengan pengganti taktil blue cherry yang dilapisi dengan tutup tombol berlapis emas terbuat dari benaman. Sedangkan mouse wireless dibuat dari kayu walnut lengkap dengan setupnya yang unik. Seperti koleksi Hulten lainnya, Macintosh 128k ini nampaknya tidak akan dijual dan dijadikan koleksi pribadi yang akan digunakannya sendiri.

source : jagatreview

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here