Google Ingin Buat Smartphone Android Sendiri

0
246

Smartphone Android dengan label Nexus selama ini dikenal sebagai perangkat hasil kerja sama Google dengan produsen smartphone ternama. Sejauh ini, Google telah bekerja sama dengan HTC, Samsung, LG, Motorola, dan Huawei untuk menghadirkan smartphone Nexus sejak tahun 2010 lalu. Untuk kedepannya, bila kabar angin yang baru saja beredar benar, bisa jadi Google akan menghadirkan smartphone mereka sendiri, bukan hasil kerja sama dengan produsen lain!

Kabar terkait smartphone murni besutan Google ini sendiri disebut muncul dari diskusi internal perusahaan tersebut. Petinggi Google disebut membuka kemungkinan mereka akan menghadirkan smartphone kreasi mereka sendiri, tanpa campur tangan dari para partner mereka selama ini. Terlebih lagi, Google memang masih memiliki berbagai paten dari Motorola yang sempat mereka ambil alih beberapa tahun lalu, yang bisa dimanfaatkan untuk proyek ini.

Walaupun memiliki kemampuan untuk mengkreasikan smartphone mereka sendiri, Google tampaknya masih harus berpikir matang-matang terkait apakah kebijakan ini layak diambil atau tidak. Bisa jadi, bila Google memutuskan untuk memproduksi smartphone mereka sendiri, partner mereka dalam mengembangkan Android selama ini akan merasa tersaingi. Hal itu justru akan berakibat kurang baik ke Android secara keseluruhan.

Bila mereka benar-benar menghadirkan smartphone mereka sendiri, Google tentunya akan lebih leluasa menanamkan fitur-fitur unik yang selama ini mungkin terhambat implementasinya. Selain itu, mereka tentunya tidak akan terhambat oleh kebijakan para produsen yang bisa jadi justru mengurangi kemampuan dari smartphone Nexus. Sayangnya, hingga saat ini belum ada konfirmasi kebenaran kabar ini.

source : jagatreview

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here