Bluetooth Akan Dapatkan Kemampuan Lebih Baik

0
319

Bluetooth Special Interest Group (SIG) baru saja mengumumkan perubahan yang akan terjadi di koneksi nirkabel Bluetooth di tahun 2016 mendatang. Perubahan ini ditujukan untuk lebih mendorong perangkat-perangkat Internet of Things (IoT). Salah satu perubahan tersebut adalah jangkauan yang lebih luas untuk perangkat-perangkat dengan Bluetooth standar terbaru nanti.

Selain jangkauan yang lebih luas, perubahan yang akan dijalankan di tahun 2016 tersebut juga berisi peningkatan kecepatan transfer data dan juga dukungan untuk mesh network. Dukungan mesh network ini tentunya akan sangat berguna bagi perangkat IoT, baik di lingkungan rumahan atau di industri. Bila dikombinasikan dengan jangkauan yang lebih luas, beberapa perangkat yang mendukung Bluetooth di satu area tertentu akan bisa saling berkomunikasi satu sama lain tanpa tergantung ada atau tidaknya WiFi.

Sedangkan untuk peningkatan kecepatan, selain memungkinkan transfer data antar perangkat yang lebih cepat, hal ini juga dibutuhkan untuk komunikasi yang lebih baik antar perangkat yang saling mengirimkan data berukuran besar. Peningkatan kecepatan yang disiapkan bahkan mencapai 100%, atau 2 kali lipat dari kecepatan saat ini. Ini tentunya akan menghasilkan ringkat respon yang lebih baik di koneksi antar perangkat.

Terkait IoT, Bluetooth memang menjadi sarana komunikasi yang paling banyak digunakan oleh perangkat-perangkat tersebut. Tidak hanya di lingkungan personal atau rumah, Bluetooth juga banyak digunakan di IoT di lingkungan industri. Oleh karena itu, perkembangan fitur dan kemampuan dari Bluetooth sendiri menjadi hal yang penting untuk mendorong IoT di waktu yang akan datang.

source : jagatreview

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here