Blu-Jek Tak Mau Asal Rekrut Driver

0
333

JAKARTABlu-Jek semakin berkembang setelah melakukan soft launching pada bulan September lalu. Hingga saat ini, telah terdapat 1.100 Blu-Driver aktif setiap harinya di jalanan Jabodetabek. Meskipun masih kalah jumlah dengan driver ojekonline lainnya, namun manajemen Blu-Jek mengungkapkan akan terus menggencarkan program promosi untuk menggaet konsumen.

Untuk saat ini, tarif normal Blu-Jek untuk 5 km pertama adalah Rp20.000, sedangkan untuk setiap kilometer berikutnya dipatok Rp3.000. Namun, saat ini terdapat subsidi bagi pengguna dengan menggunakan kode “Blu” senilai Rp15.000.

Menurut Co-Founder Blu-Jek Michael Manuhutu, tarif promo ini akan selalu di-update setiap minggu. Pada rush hours (07.00-09.00 dan 16.00-19.00) Blu-Jek mematok tarif Rp15 ribu pada 5 km pertama dan Rp3.000 pada setiap kilometer berikutnya. Namun, pada saat rush hours, masyarakat harus membayar tarif normal tanpa adanya potongan harga.

Berbeda dengan ojek online yang kerap melakukan rekrutmen massal, Blu-Jekmengedepankan aspek safety untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Pada tahap pelatihan, terdapat tiga program yang harus dilalui calon driver. Pertama adalah Pengajaran aplikasi, kedua sifat ramah kepada konsumen, dan ketiga adalahsafety reader. Khusus untuk safety reader Blu-Jek bekerjasama dengan Korlantas Polri.

Sementara itu, Garret Kartono mengatakan, jika manajemen Blu-Jek juga melakukan tes psikologi terhadap calon driver sebelum mengikuti tahap pelatihan. “Kita ada psikotes untuk calon driver. Langsung dari Psikolog. Ada beberapa yang tidak memenuhi kualifikasi, itu tidak bisa”, jelasnya.

Mengenai profit sharing, Blu-Jek membagi penghasilan 80:20 dengan driver. Pihak perusahaan akan mendapatkan 20 perses dari total biaya yang dibayarkan oleh konsumen kepada driver. Saat dikonfirmasi hingga kapan memberikan subsidi, Michael tidak dapat memastikan karena masih melakukan riset untuk melihat kemampuan masyarakat yang menjadi target pasar.

Namun, seiring riset yang tengah dilakukan, Blu-Jek akan tetap menambah hingga 500 driver sebelum melakukan grand launching pada Desember mendatang.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here