Penyebab Bangau “Serbu” Bandara Adisucipto

0
336

YOGYAKARTA – Banyak burung bangau di Bandara Adisucipto Yogyakarta sejak kemarin. Keberadaan burung di sekitaran bandara diyakini karena lokasinya yang luas. Selain itu, terdapat aliran sungai kecil sehingga burung tersebut mencari mangsa hewan kecil seperti belalang, katak, ikan dan lainnya.

“Kalau memasuki musim hujan, ya biasa di bandara. Kalau musim panas enggak banyak, tapi ke sawah-sawah sekitar aliran sungai,” kata Parjiono, warga Wotgaleh, Sendangtirto, Berbah, Sleman, Kamis (12/11/2015).

Parji mengakui, banyak area persawahan yang luas menjadi tempat mencari makan burung, termasuk di dalam area bandara. Warga sekitar sudah tak asing dengan burung bangau tersebut. Masyarakat juga menjaga burung itu supaya tidak punah.

“Ya dibiarkan saja, itu nyari precil (anak kodok), belalang, dan seranga kecil-kecil. Kalau di aliran sungai ya nyari cetol (ikan kecil),” katanya.

Sementara itu pihak Lanud Adisucipto mengakui burung tersebut acap datang ke bandara saat memasuki musim hujan. “Itu tak hanya sekali, setiap pergantian musim hujan selalu begitu,” kata Kapentak Lanud Adisutjipto Yogyakarya, Mayor Sus Hamdi Londong.

Tak heran, pihaknya selalu mengusir burung tersebut jika berada di sekitar landasan pacu. Sebab, keberadaan burung itu bisa menganggu penerbangan, baik komersial maupun saat TNI AU latihan.

“Langkah cepat kita lakukan. Setiap pesawat akan take off atau landing, petugas menghalau burung pakai mobil yang dilengkapi suara animal sound,” jelasnya.

Dengan begitu, bangau tersebut akan pergi pindah ke tempat lain. Namun, terkadang ada juga burung yang tertabrak pesawat karena berada di sekitar kawasan itu. “Secara umum tidak ada gangguan penerbangan,” ucap Hamdi.

source : okezone

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY