Ketika Jokowi ‘Ditantang’ Bocah 5 Tahun di Bangkalan

0
234

(Liputan6.com/Moch Harun Syah)

Bangkalan – “Pak Jokowi, Pak Jokowi. Pak lihat sini, pak. Sini pak, saya mau sepeda,” teriak Wisnu dari luar pagar Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Bocah 5 tahun itu sampai berusaha memanjat pagar kecamatan setinggi 1,5 meter itu, agar bisa dilihat Presiden Jokowi Widodo atau Jokowi. Maklum, penjagaan ketat dari protokoler, membuat Wisnu tak dapat memasuki area pembagian kartu sakti Jokowi.

Jokowi terhentak mendengar suara lantang Wisnu. Ia menoleh ke arah bocah berkaos kuning itu. Padahal, saat itu ada puluhan anak-anak dan orang tua juga memanggil nama sang presiden. Seketika itu pula orang nomor 1 di Indonesia itu menyuruh pengawalnya membantu Wisnu menemui mantan Walikota Solo itu.

“Gendong saya, pak. Saya mau sepeda dari Pak Jokowi,” kata Wisnu kepada anggota Paspampres.

“Angkat, angkat pak, bantu nih,” ujar warga lainnya dengan logat Madura.

Kejadian ini langsung disambut riuh warga yang hadir. Semua mata tertuju kepada Jokowi dan bocah lincah itu, saat berhasil mendekati presiden.

Tak lama kemudian, Wisnu akhirnya bisa berdiri di samping Jokowi. Tanya jawab pun langsung dimulai di atas panggung 5×4 meter itu. Pemandangan itu sontak menyedot perhatian warga. Sebab Wisnu bukanlah bagian anak yang mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Namamu siapa?,” tanya Jokowi.

“Wisnu pak,” jawab Wisnu.

“Mau sepeda?” tanya Jokowi lagi.

“Hooh pak. Iya pak mau sepeda pak,” timpal Wisnu.

“Ya sudah ambil itu sepeda,” kata Jokowi.

“Nggak mau, pak. Saya pingin ditanya dulu sama Bapak,” ujar bocah kurus itu, yang disambut tawa para hadirin.

“Disuruh ambil sepeda malah nggak mau. Malah minta ditanya dulu. Mau berhitung atau pertanyaan lain?” tutur Jokowi, heran.

Wisnu mengajukan pertanyaan kepada Jokowi, karena dirinya tidak ingin diperlakukan berbeda dari yang lain.

“Saya nggak mau, pak. Tanya dulu, pak,” desak Wisnu.

“Nanti kamu malah nggak dapat sepeda malahan,” ujar Jokowi mengingatkan.

“Biarin, pak,” tegas Wisnu seraya tersenyum.

Jokowi akhirnya menuruti permintaan Wisnu dengan mengajukan pertanyaan. “Okey. Sebutkan 3 nama-nama binatang.”

“Panda, Rusa, Zebra, pak,” jawab Wisnu disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

“Ini berani lompat pager tapi juga pinter,” ujar Jokowi heran, seraya tertawa.

Wisnu akhirnya mengambil hadiah sepeda yang dijanjikan Jokowi. Dengan polosnya, dia pun menggiring sepeda barunya di depan Jokowi sambil mengucapkan terima kasih.

Pemandangan ini membuat Ibu Negara Iriana Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mensos Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo tertawa terpingkal-pingkal.

Bagi-bagi sepeda ini dalam rangka kunjungan Jokowi dengan warga Kecamatan Kamal,Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Dalam kegiatan ini, presiden membagikan kartu sakti kepada warga sekitar.

Kartu sakti itu yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera, dan juga kartu ASODKB (Asistensi Sosial Orang Dengan Kecacatan Berat).

 

sumber : liputan6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY