Bendungan Cisungapan Jebol

0
205

SUKABUMI – Bendungan Cisungapan di Dusun Kutamaneh Timur, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi hari ini jebol diterjang luapan Sungai Cimandiri. Kendati tidak menimbulkan korban jiwa dan material warga, tapi bencana alam telah mengganggu aktivitas warga.

Banjir Sungai Cimandiri tidak hanya meredam puluhan rumah warga, tetapi luapan sungai telah memporak-porandakan Bendungan Cisungapan.

“Bendungan hancur karena luapan Sungai Cimandiri sesaat hujan deras mengguyur Sukabumi,” kata Kepala Desa Cikujang, Uus Soemanteri, Rabu (11/11/2015).

Dampak ambruknya bendungan, kata Uus Soemantri, diperkirakan ratusan hektare lahan pertanian yang tersebar Kampung Kutamaneh, Ciburial dan Kampung Jajaway tidak terairi. Tanaman padi yang baru sepekan ditanam petani kini hanya mengandalkan air hujan.

Pasokan air tidak lancar karena air kini tidak mengalir ke lahan pertanian. Padahal para petani ditiga kampung selalu memanfaatkan air bendungan untuk memenuhi kebutuhan pesawahan warga.

“Pasokan air dari bendungan kini tidak lancar. Tidak hanya untuk lahan pertanian, tapi warga memanfaatkan pasokan air bendungan untuk kegiatan mandi, cuci dan kakus (MCK),” ujarnya

Untuk memperoleh pasokan air, kata Uus Soemantri, warga dan petani telah bergotongroyong memperbaiki bendungan air.

Mereka telah membuat irigasi sementara tidak jauh dari lokasi bencana luapan sungai. Tapi upaya yang dilakukan warga masih belum optimal.

“Karena sarana dan prasana untuk memperbaiki seadanya, maka upaya warga masih belum optimal,” tambahnya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Andi Kusnadi mengatakan akan segera mengirimkan tim reaksi cepat seiring laporan warga. Tim akan segera melakukan pendataan dan menginvetarisir kerusakan akibat bancana banjir.

“Kami akan segera melakukan penanganan secara darurat terhadap kondisi kerusakan bangunan bendungan di sana,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Sukabumi, Ujang Sopandi mengatakan belum memperoleh laporan mengenai adanya Bendugan Cisungapan yang hancur akibat luapan air sungai.

Pihaknya akan segera melakukan investigasi untuk memperoleh kepastian Bendungan Cisungapan ambrok diterjang banjir.

“Kami masih belum memperoleh laporan mengenai bendungan yang mengaliri lahan pertanian di Keamatan Gunungguruh, rusak akibat luapan Sungai Cimandiri,” katanya.

source : okezone

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY