Indonesia Negeri Para Pahlawan

0
213

SURABAYA – Peristiwa bersejarah pertempuran 10 November di Surabaya merupakan gerakan gabungan rakyat Indonesia dari berbagai elemen untuk mempertahankan kemerdekaan dari penjajah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, peristiwa 70 tahun lalu merupakan pertempuran besar untuk mempertahankan kemerdekaan RI di Surabaya. Seluruh pemuda turun memperjuangkan kemerdekan Indonesia.

“Putra-putri Indonesia bertempur di Surabaya di bawah pimpinan Bung Tomo. Ada Pemuda Maluku, Pemuda Sulawesi, Pemuda Bali, Pemuda Kalimantan, Pemuda Sumatera, Pemuda Aceh, Pemuda Tapanuli, Pemuda Ambon, dan Pemuda Manado. Mereka bersatu dengan kiai, santri, dan arek-arek Suroboyo untuk melawan penjajahan,” kata Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara (IRUP) di Peringatan Hari Pahlawan, di Tugu Pahlawan Surabaya, Selasa (10/11/2015).

Mereka bertempur di medan terberat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Untuk mengenang semangat para pejuang itu, kata Jokowi, 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

“Indonesia negeri para pahlawan. Negeri di mana pemuda-pemudanya mengikrarkan merah putih sebagai simbol persatuan,” jelasnya.

Saat berjuang melawan penjajah, mereka bersatu. Tidak perbedaan antara etnis, agama, ras, dan golongan. Semuanya yang dilakukan pejuang ketika itu untuk Indonesia merdeka.

Semangat para pejuang ini patut diteladani untuk Indonesia ke depan. Saat ini Indonesia dalam perubahan pembangunan nasional agar rakyat Indonesia menjadi makmur.

Pembangunan menjadi Indonesia centries bukan Jawa centries. Indonesia juga dalam perubahan kebebasan berpendapat yang konstruktif dan merajut persatuan nasional.

“Bukan menghasut konflik horizontal dan menciptakan histeria publik,” katanya.

Hadir dalam peringatan Hari Pahlawan ini Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaditan, Menseskab Pramono Anung.

Sedangan komandan upacara hari ini adalah Letnan Kolonel Inf Washington Simanjutak yang saat ini menjabat Kapendam V/Brawijaya.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here