Akibat Fatal Sering Main Gadget di Usia Muda

0
295

GENERASI masa kini dimanjakan dengan berbagai kecanggihan teknologi gadget serba instan. Apalagi saat ini para orangtua sudah mengizinkan penggunaan gadget pada anaknya di usia balita.

Dari tahun ke tahun populasi lansia meningkat. Meskipun secara prosentase jumlah lansia di Indonesia lebih kecil jika dibandingkan negara Asia dan Asean Plus lainnya, namun jika dilihat angka nyata jumlah lansia Indonesia lebih besar karena populasi penduduk lebih besar.

Jika ditarik korelasi dengan penggunaan gadget, seorang ibu sudah harus mempersiapkan tumbuh kembang anaknya sejak dari masa kandungan, dalam hal pemenuhan nutrisi hingga masa remaja. Jika terus menerus diizinkan penggunaan gadget, mereka akan menjadi malas dan manja untuk beraktivitas sehingga lebih beresiko saat beranjak usia lansia.

“Saat ini kecenderungan semua permainan yang ada lewat HP sehingga membuat anak muda menjadi passive sehingga masa tuanya akan bermasalah dan rentan lebih awal,” jelas Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia ( FIK UI), Dra. Junaiti Sahar, S.Kp., M.App.Sc., Ph.D baru-baru ini.

Wanita yang juga fokus di Departemen Keperawatan Komunitas FIK UI ini menambahkan anak-anak sekarang akan lebih rentan di masa lansia. Menjadikan mereka untuk tetap bugar saat lansia akan tergantung pada aktivitas fisik yang mereka lakukan di usia muda.

“Program promotif terlihat dari kita tua nanti apakah kita bugar atau tidak. Rata-rata rentan itu terlihat di usia 60 tahun tapi tergantung dari masa kecil, bagi orang yang sering sakit-sakitan kurang sehat masa muda, lebih cepat rentan misalnya umur 55 sudah alami resiko,” ungkapnya.

Masa remaja dan dewasa yang tak sehat maka akan rentan beresiko di usia lansia. “Sehingga kesehatan di usia muda itu penting. Contoh dewasa muda sudah kena diabetes maka komplikasi akan berlanjut. Mengalami gangguan fungsi ginjal, jantung, pembuluh darah, hingga penumpukan lemak,” kata Junaiti Sahar.

source : okezone

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY