Lima Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

0
399

SIAPA bilang menjadi ibu rumah tangga itu gampang? Pendapat itu salah besar. Menjadi ibu rumah tangga bukan saja harus mengurus anak-anak, tetapi harus memiliki skill dalam hal mengatur keuangan rumah tangga.

Sebagai ibu rumah tangga, Anda mesti memastikan kalau gaji pasangan Anda cukup untuk semua keperluan rumah tangga, mulai dari kebutuhan pangan, sandang, uang sekolah anak, asuransi, iuran ini itu, hingga cicilan kredit rumah dan mobil.

Kalau gaji suami kecil, alamat mengatur keuangan rumah tangga menjadi lebih tricky. Bisa-bisa semua dana dipakai untuk kebutuhan dan tidak bisa menabung. Nah untuk itu para ibu diharuskan lebih cerdik dan cerdas menyimpan uang untuk tabungan.

Tidak mungkin? Silakan simak lima gampang menabung untuk ibu rumah tangga. Siapa tahu salah satu tips cocok untuk Anda.

1. Sisihkan Dana dari Uang Belanja

Cara ini paling sering dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga karena dianggap strategi termudah. Cukup menyisihkan jumlah tertentu dalam uang belanja harian, kamu bisa menghemat. Uang yang berhasil disisihkan bisa dimasukkan ke tabungan atau celengan.

Bayangkan, bila setiap hari Anda bisa menyisihkan Rp 10.000 dari uang belanja, maka dalam waktu sebulan jumlah uang yang ada akan mencapai Rp 300.000. Lumayan kan?

2. Ikut Arisan

Dengan menjadi anggota arisan, mau tidak mau Anda harus menyisihkan uang untuk membayar arisan. Ketika dana arisan berhasil didapat, itu akan cukup lumayan untuk ditabung atau jaga-jaga kalau ada kebutuhan mendadak.

Selain ajang menabung, dengan ikut arisan kamu bisa menambah teman dari berbagai golongan dan menjaga silaturahmi karena anggota arisan harus kumpul setiap sebulan sekali. Bukankah ada pepatah kalau silaturahmi itu mendatangkan rezeki?

3. Jangan Sepelekan Koin

Saat berbelanja, kita sering mendapatkan kembalian dalam bentuk koin. Jangan sepelekan uang koin yang didapat. Meskipun nilainya terkesan kecil, tetapi bila terus dikumpulkan jumlahnya akan besar. Koin-koin ini bisa ditukarkan ke supermarket atau bank Indonesia untuk mendapatkan uang pecahan yang lebih besar.

4. Belanja Lebih Murah

Maksud dari belanja lebih murah disini bukan berarti mencari bahan-bahan yang berkualitas buruk. Justru yang harus dilakukan adalah mencari barang bagus dengan harga yang murah.

Misalnya Anda terbiasa berbelanja di supermarket untuk membeli sayur dan ikan. Kenapa tidak mencoba belanja di pasar tradisional untuk mendapatkan sayur dan ikan dengan harga yang lebih murah? Selisih uang yang seharusnya dipakai bisa ditabung.

5. Menghemat dari Pengeluaran Tak Perlu

Selain empat cara di atas, Anda juga bisa menabung dari uang penghematan listrik, pulsa telpon dan air. Yup, perlu diakui kalau pengeluaran untuk tiga hal tadi sangatlah besar. Kalau penggunaan air, listrik dan pulsa telpon bisa dikelola dengan baik alias tidak boros, Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk ketiga hal tadi, dan uangnya bisa ditabung.
source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here