Ketakutan Fresh Graduate di Hari Pertama Kerja

0
215

JAKARTA – Menjalani hari pertama kerja tidak selalu mudah. Apalagi jika baru saja lulus. Minimnya pengalaman membuat banyak hal yang dicemaskan fresh graduateuntuk memulai hari pertama kerja.

Tidak tahu apa-apa

Dunia kerja berbeda dengan dunia kampus. Wajar jika para lulusan baru tidak tahu apa-apa tentang pekerjaan dan perusahaannya. Namun, sebaiknya fresh graduatebersiap sejak menjalani sesi interview dengan mempelajari job desk dan perusahaan yang dilamarnya. Kemudian, mulai belajar tentang tanggung jawab pekerjaan dan budaya perusahaan sejak hari pertama kerja.

Takut salah

Berbuat salah di hari pertama kerja adalah wajar. Jika ini terjadi, segera perbaiki. Tipsnya, jangan malas bertanya tentang prosedur pekerjaan yang harus dijalani. Selain itu, fresh graduate harus belajar dari kesalahannya tersebut agar tidak terulang di kemudian hari

Teman kantor

Tempat dan suasana baru menimbulkan kecemasan lainnya yaitu teman-teman baru. Wajar jika fresh graduate bertanya-tanya, akan seperti apa teman mereka di kantor, harus bersikap bagaimana dengan kenalan baru, apakah ada jarak antara senior dengan karyawan baru atau seperti apa budaya dan lingkungan di sana. Triknya, membuka diri untuk berteman dan tetap baik pada semua orang.

Bos

Kecemasan ini nyata karena freh graduate baru pertama kali punya atasan profesional. Bayangan tentang sosok bos yang tegas dan galak kerap terlintas di pikiran mereka. Kuncinya, tumbuhkan kepercayaan bahwa bos akan turut mendukung karier kita.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here