Kala Musim Penghujan Datang

0
202

Ilustrasi hujan (Istimewa)

Jakarta – November rain… Tetes air yang ditunggu akhirnya datang juga di bulan ini. Hujan mulai membasahi sejumlah wilayah di Indonesia.

Kiriman air dari langit tersebut membawa berjuta harapan bagi warga di sejumlah wilayah yang dilanda kekeringan. Salah satunya, warga Jambi.

Hujan telah mengguyur Jambi sepekan terakhir. Hal tersebut lah yang membuat kabut asap menghilang dari kota itu.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi memperkirakan puncak musim hujan di wilayah itu terjadi pada November ini. Harapan warga agar kabut asap hilang pun terpenuhi.

Prakirawan BMKG Jambi Gumilang mengatakan, titik api di Jambi nihil sejak beberapa hari terakhir.

“Hujan diperkirakan akan mulai mengguyur beberapa hari ke depan. Titik api hari ini terpantau nihil. Ke depan masih ada potensi, namun kecil,” ujar Gumilang di Jambi, Minggu

Jarak pandang di kawasan Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi juga dalam kondisi baik. Jarak pandang mencapai 10 kilometer.

“Untuk pagi hari, umumnya masih udara kabur akibat embun,” kata Gumilang.

BMKG melalui akun Twitter resminya menginformasikan titik panas di Indonesia bagian barat pukul 16.00 WIB, Minggu (8/11/2015) jauh berkurang ketimbang kemarin. Satelit Terra dan Aqua mendeteksi hanya ada 1 titik api di Sumatera, 9 titik api ada di Kalimantan, dan 1 titik api terdeteksi di Jawa.

Sementara titik api di Indonesia bagian timur ada 14 buah di Sulawesi, 29 di Nusa Tenggara, dan 11 buah di Papua-Maluku.

Jumlah ini berkurang drastis dari total titik api pada Sabtu 7 November 2015. Hotspot di Indonesia bagian barat kemarin mencapai 50 titik, sedangkan di bagian timur 104 titik.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY