si Kaya dan si Miskin Jadi PR Besar Pemerintah

0
215

BOGOR – Ketimpangan antara orang kaya dan orang miskin disebut masih menjadi pekerjaan rumah (PR) besar bagi Pemerintah. Pasalnya, lima hingga enam tahun terakhir ketimpangan tersebut terus memgalami kenaikan.

Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara menyatakan, pernyataan si kaya yang tambah kaya dan si miskin yang semakin miskin adalah kesalahan. Pasalnya, orang miskin pun sebenarnya ikut beralih menjadi lebih baik.

“Yang kaya lebih cepet nambahnya ketimbang yang miskin naik jadi lebih baik. Karena yang kaya lebih cepet makanya terjadi ketimpangan,” kata dia di Hotel Harris Sentul, Bogor.

Menurutnya, masalah ketumpingan terua mengalami kenaikan dalam kurun waktu lima hingga enam tahun terakhir. Hal inilah yang membuat jumlah pengangguran meningkat pada Agustus 2015 dibanding Februari 2015 menjadi 7,56 juta orang.

“Ini pengangguran sempat turun, tapi belakangan mulai naik. Ketimpangan luma sampai enam tahun terakhir, trennya naik. Ini PR besar. Bisa terjadi, tumbuh tapi timpang,” jelas dia.

Oleh karena itu, Sua menyatakan, pengalihan pengeluaran Pemerintah dari subsidi BBM ke infrastruktur dan perlindungan sosial disebut menjadi solusinya.

“Itu caranya kalau mau tepat sasaran harus kita identifikasi dulu baru diberi bantuan dan ini menjadi tepat sasaran,” tandas dia.
source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here