Monitor Detak Jantung Apple Watch Menuai Banyak Keluhan

0
202

Apple Watch merupakan jam tangan pintar yang memiliki berbagai fungsi yang tak dimiliki oleh jam tangan konvensional. Selain dapat melakukan panggilan atau dapat menampilkan notifikasi, Apple Watch juga memiliki fitur heart rate monitor yang dapat mengenali detak jatung penggunanya, namun belakangan ini fitur tersebut menuai banyak kritik mengenai ketidak akuratannya.

Heart rate monitor sendiri diletakan di bagian bawah jam, yang langsung bersentuhan dengan kulit manusia. Berbeda dengan monitor detak jatung konvensional yang diletakan di dada seseorang. Fungsi dari sensor tersebut agat dapat mengikuti tingkat detak jantung dari penggunanya, namun beberapa pengguna Apple Watch mengeluhkan fungsi tersebut karena mereka menilai fungsi heart rate monitor tidak akurat.

Hal ini pun sontak mengalir deras di forum Komunitas Apple Support serta pada media sosial Reddit. Banyak dari para pengguna yang mengeluhkan hal yang sama, bahkan beberapa dari pengguna tersebut telah mengembalikan Apple Watch yang ditukarkan dengan unit yang baru, namun hal yang sama masih saja terjadi.

Seperti yang diwartakan Ubergizmo, Minggu (25/10/2015), masalah yang dialami beberapa pengguna Apple Watch ini rupanya berasal dari pembacaan detak jantung dari Apple Watch yang lebih lamban dari keadaan sesungguhnya, terlebih lagi ketika pengguna melakukan aktivitas seperti fitness atau latihan otot lainnya yang cukup intens.

Pihak Apple sendiri menjelaskan bahwa Apple Watch dapat mengenali detak jantung tergantung jenis aktivitas yang dilakukan manusia. Apple Watch dapat mengenali detak jatung penggunanya ketika melakukan gerakan yang berirama seperti berjalan dengan menayunkan kedua tangan. Sedangkan untuk kegitan-kegiatan yang tidak menentu seperti tinju atau angkat beban, Apple Watch kurang jeli untuk mengenalinya.

Pihak Apple sendiri belum diketahui bakal melalukan hal apa untuk menangani masalah ini. Kemungkinan mereka segera menggulirkan update perangkat lunak yang baru untuk dapat memperbaiki fungsi heart rate monitor.

source : beritateknologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here