Apa itu Management Trainee

0
241

Pengertian Management Trainee :

Management Trainee atau biasa disebut MT merupakan program perusahaan dalam mencari SDM untuk di tempatkan di posisi manajerial. Program MT bisa disebut juga dengan percepatan karir, karena tujuannya jelas menciptakan pemimpin di divisi tertentu. Pembelajaran mengenai perusahaan sangat detail dan menyeluruh, dari bagian hulu sampai hilir produksi akan diberikan ilmunya secara teori dan praktek.

Sekilas Tentang Management Trainee

Ada beberapa sebutan lain untuk Management Trainee antara lain Officer Development Program (ODP), Management Development Program (MDP), Graduate Trainee. Nama-nama posisi ini tergantung tempat / perusahaan.

Dalam proses perekrutannya Program MT, perusahaan mensyaratkan kandidat yang akan dipilih adalah dengan kriteria yang tinggi. IPK, Pengalaman Organisasi, IQ tinggi, Fasih dalam Bahasa inggris, merupakan kemampuan dan syarat wajib agar lolos dalam proses seleksi.

Seorang yang masuk perusahaan lewat program MT berbeda dengan program regular atau proses rekrutmen biasa. Pekerja dari program regular biasanya akan mengalami masa percobaan. Sedangkan dari Program MT, ia akan mendapat pelajaran, pelatihan, dan pegetahuan seputar perusahaan yang akan dipantau nilai penyerapan ilmunya oleh bagian Human Resource. Bila program regular mengenal pemutusan hak kerja karena tidak memiliki nilai baik saat bekerja, Pada Program MT akan menemui proses eliminasi bila nilai tidak sesuai standar.

Lamanya program MT tergantung dari kebijakan perusahaan mulai 3-2 tahun, idealnya biasanya adalah satu tahun. Selama menjalani MT, peserta akan mendapat:

  1. Pelatihan di Kelas, Meliputi materi, ujian, presentasi hasil belajar. Meskipun belajar namun perusahaan tetap memberikan gaji dan fasilitas sesuai kebijakan.
  2. On The Job Training, Bekerja sambil belajar, Meliputi Materi, Praktek, dan Presentasi hasil yang di dapat serta masukan pada saat OJT. Ada beberapa MT yang akan memindahkan divisi kerja setiap waktu tertentu dengan tujuan mengetahui keseluruhan kinerja perusahaan.

Tugas Management Trainee (MT) :

Tugas dari posisi Management Trainee (MT) ini adalah harus mengetahui semua tentang perusahaan karena mereka di latih agar bisa menjadi pemimpin dalam divisinya dan dipersiapkan juga untuk memajukan perusahaan dengan kemampuan MT-nya

source : Lamoera

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY