Daftar Penjahat Kelas Kakap Paling Kaya di Dunia

0
589

Sejarah mencatat tanggal 24 Oktober sebagai hari kejatuhan bagi gembong mafia di Chicago, Al Capone. Ia tak lagi bisa berkutik.

Jakarta – Sebagian orang mencari uang dan mengumpulkan kekayaan dengan cara yang umum seperti berbisnis, berdagang atau lainnya. Pada intinya, mereka kaya dengan cara yang benar.

Namun tidak bagi jajaran orang-orang kaya ini. Mereka adalah penjahat kelas kakap dunia. Kebanyakan dari mereka mendapatkan kekayaan karena hasil menjual narkoba atau merampok.

Selain jadi kriminal terkaya sepanjang sejarah, mereka juga dikenal penjahat yang berbahaya, licin dan namanya cukup tersohor.

Dikutip dari laman the Richest, Selasa (27/10/2015), berikut daftarnya:

1. Pablo Escobar

Nama ini cukup terkenal di dunia perdagangan narkoba dunia. Terlahir dengan nama Pablo Emilio Escobar, Pablo Escobar bisa jadi salah satu penjahat paling kaya di dunia, dengan total kekayaan mencapai US$ 25 miliar atau setara Rp 340 triliun. Uangnya dikumpulkan dari hasil kejahatan dia sebagai bandar narkoba dan penyelundup kokain.

Escobar lahir Desember 1949. Pertama kalinya dia dilaporkan berbuat kejahatan adalah di umur 22 tahun di mana saat itu Escobar memang berambisi untuk menjadi miliarder. Dia mencuri batu nisan untuk dijual ke penyelundup. Semasa mudanya dia terus melakukan serangkaian kejahatan seperti mencuri mobil, menjual tiket lotere palsu, menjual rokok terlarang dan lainnya. Escobar meninggal di umurnya ke 44 tahun 1993.

2. Meyer Lansky

Meyer Lansky dijuluki ‘akuntan penjahat’, dia juga menjadi salah satu pilar penting dalam ‘sindikat penjahat nasional’ di Amerika Serikat. Dia juga mendirikan kelompok kejahatan dengan rekannya, Charles Luciano.┬áDari situ, dia dianggap sebagai sosok paling berpengaruh di dunia kejahatan AS.

Kekayaannya mencapai US$ 600 juta atau lebih dari Rp 7,5 triliun pada kurs di 2012 yang ada di kisaran Rp 9.200 per dolar AS.

Semasa hidup, Lansky mengelola banyak kerajaan judi di Saratoga, Miami, New York, Iowa, Cuba dan Las Vegas. Dia juga dilaporkan punya pengaruh pada organisasi penjahat kelas kakap mafia Italia. Dia meninggal di tahun 1983 karena kanker paru-paru.

3. Al Capone

Al Capone adalah penjahat paling terkenal di dunia, juga salah satu yang terkaya dengan total kekayaan US$ 1,3 miliar setara Rp 17,6 triliun.

Dia memulai tindak kejahatannya saat memimpin sebuah kelompok penjahat, Junior Forty Thieves dan the Bowery Boys. Kehidupannya terus menerus diwarnai dunia gangster.

4. Khun Sa

Khun Sa adalah penjahat kelas kakap asal Myanmar yang punya kekayaan hingga US$ 5 miliar atau setara Rp 68 triliun. Dia adalah salah saatu pemberontak di negaranya. Selain itu, Khun Sa juga dikenal sebagai Raja Opium.

Bibit pemberontaknya lahir di masa mudanya. Kala itu dia berlatih bersama Kuomintang. Di 1963, dia membentuk kelompok lagi bernama Ka Kwe ye. Pemerintah menangkapnya di 1969 dan dia dibebaskan 4 tahun kemudian.

Di 1976, dia mulai berbisnis penyelundupan opium. Di 1989, dia diadili pengadilan New York karena mencoba menyelundupkan 1.000 ton heroin. Jumlah yang sangat fantastis untuk percobaan penyelundupan narkoba.

Khun Sa lahir di 1934, dan meninggal pada Oktober 2007 di umurnya yang ke 73.

5. Dawood Ibrahim

Dawood Ibrahim adalah pemimpin sindikat kejahatan yang kekayaan mencapai US$ 6,7 miliar di 2015, menurut Forbes yang jika dirupiahkan mencapai Rp 91 triliun.

Dawood termasuk salah satu buronan dari Interpol karena diduga terlibat dalam kejahatan dan pemalsuan. Dia juga diyakini sebagai otak dari pemboman di Mumbai pada 1993.

Ia dinilai sebagai teroris global oleh pemerintah India dan Amerika Serikat. Ada beberapa spekulasi kalau dia punya kontak dengan pemimpin jaringan Al Qaeda, Osama Bin Laden. Dia lahir pada 1955 in Mumka, Ratnagiri district, Maharashtra, India.

 

sumber : liputan6

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY