5 Cara Meredam Cemburu Pada Pasangan

0
294

maxresdefault (9)

Cemburu bukanlah sikap baik dalam sebuah hubungan. Cemburu adalah sikap insecure yang dapat merusak keharmonisan hubungan. Sebagian orang sudah mengetahui hal ini, namun sepertinya masih ada yang harus bergelut dengan rasa cemburu mereka saat melihat pasangan sedang berinteraksi dengan lawan jenis.

Pada awalnya memang susah untuk mengontrol emosi negatif saat melihat pasangan melakukan sesuatu—yang menurutmu—mencurigakan. Tapi, jika kamu ingin bisa meredam cemburu yang nggak beralasan tersebut, akan kami berikan tipsnya.

Stay Positive

1419071799_revnivaja-rossijanka-kulakami-povalila-sopernicu-na-zemlju-zatem-vzjala-muzha-za-ruku-i-uvela-videoKetika pasangan melakukan sesuatu yang memunculkan rasa cemburumu, cobalah untuk ber-positive thinking.Ingatlah, nggak semua interaksi dengan lawan jenis adalah selingkuh bukan? Itu hanyalah komunikasi biasa yang terjadi antarteman. Jika kamu membiarkan emosi negatif bermunculan dan menguasai hatimu, rasa cemburu pun akan merasuk pikiranmu dan akhirnya terjadilah perdebatan yang sia-sia.

Munculkan kebiasaan untuk berpikir positif dan melakukan hal positif lain saat sedang merasa cemburu. Jika pasangan nggak melakukan sesuatu yang pantas dicemburui, kamu hanya akan merasa bersalah dan kecewa pada akhirnya.

Membuat Daftar Pertanyaan dan Keraguan

Saat kamu merasa insecure dengan pasangan, tulislah perasaanmu di atas kertas. Buatlah daftar pernyataan yang ingin kamu tanyakan dari pasangan yang membuatmu curiga. Tuliskan kecemasan serta keraguan yang ada dalam hatimu. Serta, buatlah pertanyaan tentang kesalahan yang sekiranya terjadi dalam hubungan kalian. Ini bisa menjadi sebuah bahan introspeksi agar membuat hubungan menjadi lebih baik ke depannya.

Menuliskan semua hal di atas juga dapat mengurangi rasa galau dan insecure dalam hatimu. Sebab, emosi negatif yang ada dalam hatimu mengalir melalui pena dan kata-kata yang kamu tuliskan tadi.

Jujur Bahwa Kamu Cemburu

Rasa cemburu memang sangat menganggu bukan? Kalau begitu, ungkapkanlah pada pasangan. Jangan malu untuk mengatakan “aku cemburu” padaya. Jelaskan padanya bahwa rasa cemburu ini sangat menganggu sehingga membuat kesal seharian. Namun, akuilah dengan nada yang normal/lembut. Boleh marah, asal jangan menggunakan nada tinggi, kata-kata kasar, atau berterika nggak jelas. Jika kamu mengatakannya dengan tinggi dan kasar, pasangan bukannya menghargaimu, malah mengesankan bahwa kamu mengajak bertengkar.

Mandir Air Hangat

Saat sedang dilanda cemburu, segeralah berendam dalam air hangat. Rupanya, mandi air hangat saat sedang cemburu dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Perasaan negatif dalam tubbuhmu akan sedikit menguap ke udara. Apabila ingin cara yang lebih aktif, pergilah berenang dan habiskan waktu sampai merasa lega.

Meningkatkan Komunikasi dengan Pasangan

Ketika kamu sudah merasa cemburu, cobalah untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Cobalah membangun komunikasi yang berkualitas dengan pasangan. Saling terbuka, bersikap objektif, mau mendengarkan, dan meningkatan empati akan membantu dalam mewujudkan komunikasi yang baik. Selain itu, jangan mewarnai komunikasi kalian dengan nada tinggi atau pikiran negatif. Ciptakan suasana interaksi yang nyaman dan menyenangkan, sehingg pasangan nggak akan segan untuk membicarakan apapun dengan kalian.

Komunikasi yang baik juga akan meminimalisir munculnya rasa cemburu pada hatimu. Sebab kamu dan pasangan saling terbuka, jadi nggak ada hal apapun yang mesti dicurigai.

Ketika sudah berhasil memendam cemburu dengan beberapa tips di atas, kamu dapat mengurangi kebiasaan untuk insecure pada pasangan. Bagaimanapun, selama pasangan memang nggak melakukan apapun yang dapat membahayakan hubungan, janganlah langsung emosi dan cemburu berlebihan. Simpan tenagamu untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan harmonis dengan pasangan.

sumber : kelascinta

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY