Infused Water, Trend Sehat untuk Anak

0
480

Jakarta Pernahkah Anda merasa bingung karena anak menolak untuk makan buah dan sayur? Atau lebih buruk lagi, tidak suka minum air putih karena hambar? Untungnya, sekarang ada tren baru yang akan memudahkan Anda untuk memberikan air putih, sekaligus buah dan sayur pada anak, yaitu infused water.

Infused water pada dasarnya hanyalah air putih, yang kemudian ditambahkan dengan potongan buah dan rempah. Bedanya dengan minuman biasa, sebelum dikonsumsi, air putih yang sudah ditambahkan potongan-potongan buah dan rempah tadi didiamkan dulu selama semalam di kulkas. Tujuannya, agar nutrisi, sari buah, dan aromanya larut ke dalam air. Karena itulah minuman ini dinamakan infused water.

Bagaimana cara memilih buah yang digunakan?
Untuk mendapatkan nikmat dan segarnya infused water, sekaligus memperoleh nutrisi buahnya, pastikan Anda tidak salah memilih buah.
1. Pilihlah buah bercitarasa asam, seperti jeruk Sunkist, lemon, peach, stroberi, nanas, dan kiwi saat akan membuat infused water. Buah dengan rasa asam akan menjaga kesegaran minuman Anda nantinya.
2. Jangan gunakan buah-buahan yang terlalu manis, seperti mangga, alpukat, pisang, dan semangka. Buah-buahan jenis ini mudah rusak, dan teksturnya yang lunak akan membuat air menjadi keruh dan tidak menarik lagi. Selain itu kandungan gula dan zat patinya akan terfermentasi dan menjadi asam jika direndam terlalu lama di dalam air.
3. Jangan lupa menambahkan rempah untuk menambah cita rasa infused water Anda. Rempah-rempah yang paling sesuai untuk digunakan adalah: daun mint, batang serai, dan cengkih.

Apa saja manfaat infused water?
Selain rasanya yang menyegarkan, minuman ini juga memiliki banyak manfaat, yang tentunya tergantung pada buah yang Anda gunakan.
Infused water dengan jeruk akan efektik ‘membersihkan’ isi perut anak dan melancarkan pencernaannya. Lemon dan jeruk nipis juga efektif membantu anak mengatasi rasa mual.
Infused water dengan buah kiwi sangat baik untuk proses metabolime buah hati Anda. Buah kiwi juga memiliki kemampuan menangkal radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu menjaga kesehatan mata.
Infused water dengan mentimun memiliki sifat anti inflamasi, dan mencegah dehidrasi.
Walaupun banyak manfaat yang bisa didapatkan anak dari infused water, tapi mereka masih tetap membutuhkan asupan buah dan sayuran segar.

 

sumber : liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here