4 Cara Jitu Agar Cepat Dapat Kerja

0
170

054313800_1441707968-need-a-job

 

Jakarta Tidak dapat dipungkiri saat ini pekerjaan semakin sulit didapatkan, hal ini pun diperparah dengan semakin banyaknya para sarjana yang dicetak oleh perguruan-perguruan tinggi.

Tak sebandingnya antara lapangan pekerjaan dengan banyaknya sarjana tak pelak membuat para sarjana yang menganggur semakin menumpuk, hal ini tentunya akan menghambat karir impian Anda.

Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa tips bermanfaat dalam mencari pekerjaan seperti yang dikutip dari laman elitedaily.com, Minggu (18/10/2015):

Inisiatif

Kebanyakan para pengangguran di tanah air saat ini justru lebih banyak menunggu pembukaan lowongan kerja di waktu-waktu tertentu. Padahal tanpa mereka sadari dengan sikap berpangku tangan tersebut justru akan semakin menenggelamkan mereka dalam status pengangguran.

Jika Anda ingin cepat mendapatkan pekerjaan maka sebaiknya Anda mengambil inisiatif untuk mencari tahu. Cobalah untuk menghubungi relasi Anda dan menanyakan perihal pekerjaan di tempatnya, atau jika Anda telah melamar pekerjaan tidak ada salahnya untuk menghubungi perusahaan yang Anda lamar jika dalam waktu tertentu Anda tidak mendapatkan kejelasan. Berpangku tangan bukanlah langkah tepat jika Anda ingin cepat mendapatkan pekerjaan.

Cari Pengalaman

Selain pendidikan yang menjadi tolak ukur kemampuan Anda, di dunia kerja pengalaman merupakan salah satu faktor penting. Bahkan tidak sedikit pula perusahaan yang memperhatikan pengalaman Anda.

Pengalaman tentunya akan membuat Anda lebih siap untuk menghadapi dunia kerja yang sarat akan persaingan dan pencapaian target.

Nah, jika saat ini Anda belum mendapatkan pekerjaan yang tetap tidak ada salahnya untuk mencoba mencari pengalaman sebagai pekerja lepas. Dengan pengalaman tentu Anda akan cepat beradaptasi dengan dunia kerja.

Bersikap Profesional

Satu lagi kondisi yang banyak terjadi di Tanah Air, dimana saat melamar kerja seseorang sama sekali tidak memperlihatkan sisi profesionalismenya di dunia kerja. Misalnya, melamar pekerjaan dengan pakaian sesuka mereka atau saat wawancara mereka berbicara seolah orang yang ia hadapi adalah temannya sendiri.

Hal ini tentu akan langsung menjatuhkan pencitraan Anda dan impian untuk bisa segera bekerja pun sirna. Maka dari itu sebaiknya Anda bersikap professional jika memang Anda ingin segera dapat pekerjaan. Perhatikan penampilan Anda dan pilihlah kata-kata yang tepat sat berbicara.

Berlatih wawancara

Fase wawancara adalah fase yang sangat menentukan apakah Anda diterima atau tidak, banyak orang tidak bisa mengatasi masalah tidak percaya dirinya saat wawancara dan akhirnya yang terjadi saat fase mendebarkan ini mereka tidak bisa melaluinya dengan lancar.

Untuk mengatasi hal ini Anda membutuhkan latihan,latihan dan terus latihan bangun rasa percaya diri Anda jika Anda bisa melaluinya.

 

sumber : liputan6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY