Selidiki Kecurangan Uji Emisi, Meksiko Juga Periksa Mobil VW Bermesin Bensin

0
195

080130_lgossvw

Mexico City -Pemerintah Meksiko berharap hasil awal penyelidikan terhadap sejumlah mobil Volkswagen (VW) yang beredar di negaranya terkait isu kecurangan tes emisi yang diduga dilakukan VW telah didapat dalam tiga bulan. Meski kecurangan diduga dilakukan pada mobil bermesin diesel, namun pemerintah negeri itu juga akan melakukan penyeledikan ke mobil VW bermesin bensin.

Menteri Lingkungan Meksiko, Rafael Pacchiano kepada stasiun radio lokal yang dilansir Reuters, Minggu (11/10/2015), mengatakan, penyelidikan tersebut dilakukan menyusul pengakuan VW bahwa telah melakukan kecurangan dalam tes emisi mobil diesel di Amerika Serikat. Langkah ini, kata dia, juga untuk mengetahui secara persis apakah emisi gas buang mobil VW tersebut telah sesuai dengan standar emisi di wilayah Amerika Latin.

“Saya berharap, kami bisa mulai memiliki hasil penyelidikan pertama dari kendaraan diesel Volkswagen,..dalam tiga bulan ke depan,” ucapnya. “Kami juga akan memperluas tes untuk kendaraan bensin,”

Sebelumnya, pada September lalu – tak lama setelah skandal uji emisi terungkap – VW menyatakan akan memerika 32.000 mobil bermesin diesel seri EA 189 yang telah dilego di pasar Meksiko. Mobil yang mulai dijajakan pada 2009 itu akan diteliti apakah data emisi dari mobil-mobil itu termasuk yang data emisinya diubah atau tidak.

VW mengakui telah menggunakan perangkat lunak pada ECU mobil bermesin diesel untuk mengakali hasil tes uji emisi. Fakta tersebut terungkap dari penyelidikan yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat.

 

sumber : detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here