Penyebab Utama Kurangnya Waktu Tidur dan Masalah Kesehatan di Dalamnya

0
252
Problems with sleeping

Jakarta – Setelah lelah melakukan rutinitas setiap hari, manusia membutuhkan istirahat cukup untuk mengembalikan staminanya. Salah satunya adalah tidur dengan waktu yang cukup. Namun menurut profesor asal Inggris Adrian Williams, sekarang ini banyak orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk tidur bukan karena mereka tidak bisa tidur.

“Orang-orang menjadi kurang tidur karena penggunaan ponsel dan gadget yang berlebihan di atas tempat tidur dan waktu bekerja yang terlalu tinggi. Kurang tidur juga bisa dikatikan dengan beberapa masalah kesehatan,” ujar Adrian seperti dikutip dari Mirror.

Profesor yang berbasis di London itu memaparkan, terjadi pertambahan jumlah angka dari orang-orang yang menderita kesulitan tidur. Salah satunya adalah sleep apnea atau gangguan tidur berupa sesak napas di malam hari. Jika hal seperti ini dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan akan mempengaruhi pertumbuhan gen di dalam tubuh.

Suatu penelitian yang dilakukan di University of Surrey Inggris menunjukkan bahwa lebih dari 700 gen, termasuk gen yang terkait dengan sistem imunitas dan pembengkakan akan berubah ketika Anda tidur kurang dari enam jam dalam seminggu. Hal ini menunjukkan bahwa kurangnya waktu tidur berpengaruh terhadap beberapa masalah kesehatan.

“Kami telah mengajak orang-orang untuk berhenti merokok dan berolaharaga lebih banyak, tetapi masih banyak yang mengabaikan pentingnya tidur untuk mengembalikan energi,” kata Derk-Jan Dijk, profesor yang terlibat di dalam penelitian.

Maka dari itu, profesor Dijk menyarankan untuk berhati-hati dalam menggunakan ponsel. Tahun lalu, sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan gadget selama empat jam sebelum tidur memiliki hormon melatonin yang rendah sehingga menyebabkan sulit tidur. Hal itu membuat mereka memakan waktu lama untuk tidur sehingga kualitas tidur menjadi tidak maksimal.

Penelitian lainnya yang dipublikasikan pada European Journal of Preventive Cardiology di 2013 memaparkan bahwa tidur lebih dari tujuh jam setiap harinya dapat meningkatkan gaya hidup yang sehat. Sedangkan orang-orang yang kurang tidur berpotensi mengalami peningkatkan tekanan darah, serangan jantung, stroke, hingga timbulnya depresi.

 

sumber : detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here