4 Tanda Anda Ingin Menikah Tetapi Sebenarnya Belum Siap

0
205
Depressed woman

Jakarta – Dewasa ini, semakin banyak pasangan muda yang melanjutkan hubungannya hingga ke jenjang pelaminan. Hal itu secara langsung ‘mendorong’ orang yang melihatnya untuk melakukan hal yang sama. Banyak orang yang seolah-olah ‘latah’ ingin menikah lantaran teman-temannya sudah banyak yang menikah.

Tetapi sebenarnya, menikah bukanlah hal yang mudah dilakukan dan memerlukan persiapan matang. Meski demikian, ada beberapa orang yang sebenarnya belum siap untuk menikah namun tetap ingin menikah. Ini tanda-tandanya :

1. Pacaran Terlalu Singkat
Waktu pacaran yang terlalu singkat menjadi salah satu ciri utama seseorang sebenarnya belum siap untuk menikah. Seperti yang dituturkan psikolog Irma Gustiana, ketika seseorang yang berpacaran dalam waktu singkat dan langsung memutuskan untuk menikah, hal itu bisa berdampak akan kehidupan pernikahan nantinya.

2. Mementingkan Pesta Meriah
Memutuskan untuk menikah dengan cepat lantaran tidak ingin ‘tersaingi’ oleh teman-temannya dengan menggelar resepsi pernikahan yang sangat meriah menjadi salah satu tanda bahwa Anda sebenarnya tidak siap untuk membangun rumah tangga. Misalnya, menggelar pesta besar-besaran dengan biaya yang tentunya tidak sedikit, atau mengundang para tamu dan kerabat lainnya dengan jumlah banyak. “Lebih mementingkan pesta yang sangat meriah daripada kesakralan pernikahan tersebut. Tujuannya untuk mendapatkan pujian dari orang lain. Sebaiknya hal itu dihindari,” ujar Irma saat diwawancara Wolipop melalui e-mail, Senin, (5/10/2015).

3. Sering Salah Paham
Memutuskan untuk menikah berarti Anda telah yakin dan mantap dengan pasangan. Namun jika selama menjalin hubungan, sering terjadinya perselihan atau konflik tetapi tetap ingin menikah, sebaiknya pikir kembali. Perselisihan yang terjadi karena hal sepele dapat membuat kesalahpahaman antar pasangan dan tentunya tidak bagus untuk kelanjutan hubungan asmara.

4. Banyak Persyaratan
Menikah membutuhkan sikap saling pengertian dan saling menerima segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. Irma melanjutkan, tetapi jika seseorang mengajukan banyak persyaratan sebelum menikah, sebaiknya harus waspada karena itu adalah tanda dari ketidaksiapan dalam pernikahan.

Misalnya, menuntut hak-hak diluar batas kemampuan pasangan, atau menginginkan hal-hal sulit untuk dipenuhi pasangan. Apabila hal ini sedang Anda alami, ada baiknya berkomunikasi langsung denga pasangan dan lakukan negosiasi sampai sejauh mana persyaratan tersebut mampu dikabulkan.

 

sumber : detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here