Pemerintah Bosnia Kabulkan Ekstradisi Otak Pembobol ATM di Indonesia

0
195

Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri akan terbang ke Bosnia guna menjemput tersangka pembobol ATM bernama Iliev Dimitar Nikolov. Iliev merupakan pembobol rekening dari berbagai negara dan menarik uangnya di Indonesia.

Wakil Direktur Tipid Eksus Kombes Agung Setya mengatakan, Pemerintah Bosnia telah mengabulkan permohonan ekstradisi yang diajukan Bareskrim untuk menjemput Iliev.

“Dia melakukan kejahatan dengan cara menggandakan, skimming ATM korban yang berada di Eropa, kemudian oleh pelaku ditarik uang di berbagai tempat anjungan ATM di Bali,” kata Agung dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (10/10/2015) pagi.

Jadwal penjemputan tersangka akan dilakukan 23 Oktober mendatang yang dipimpin langsung Direktur Tipid Eksus Brigjen Bambang Waskito.

Agung menjelaskan, Iliev yang merupakan warga negara Bulgaria. Dia menjadi otak dari kelompok dan sindikat pembobolan ATM di beberapa negara. Bersama komplotannya, Iliev membuat Indonesia masuk kategori negara yang dicurigai sebagai tempat pembobolan kartu ATM.

“Padahal pelakunya dari Eropa juga, dalam hal ini Bulgaria, pelaku lainnya telah ditangkap 7 Februari 2015 para pelaku menjadi buronan Europe Police karena kejahatannya, mereka merugikan masyarakat di berbagai negara di Eropa sangat besar,” ujarnya.

Kejahatan perbankan dengan modus skimming bukan tergolong baru. Pada Z Februari lalu, Bareskrim berhasil Iliana Tzevetanovc (46), perempuan, warga negara Bulgaria dalam kasus pencurian uang nasabah warga negara asing. Dia tidak menyasar warga negara Indonesia meski aksi kejahatannya dilakukan di Bali.

“Rata-rata warga negara asing yang berlibur ke Bali baru akan sadar uang mereka hilang setelah kembali ke negara mereka,” kata Rahmad di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (20/4) lalu.

 

sumber : detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here