Tempat di Silicon Valley yang Wajib Dikunjungi

0
242

Jakarta – Siapa sangka, Silicon Valley yang dulunya merupakan kebun buah yang terletak antara San Fransisco dan San Jose, kini berubah menjadi ‘pusat’teknologi dunia lantaran perusahaan-perusahaan teknologi ternama dunia bermarkas di sana.

Namun perlu diingat, Anda harus selalu bersikap sopan selama di sana karena beberapa di antaranya adalah garasi dan kampus kantor.

1. Kampus Facebook

Anda tidak dapat mengunjungi kampus Facebook, kecuali Anda memiliki teman di sana. Meskipun demikian, Anda akan tetap menyukai kunjungan Anda ke sana. Sepanjang tahun para wisatawan mengunjungi kampus Menlo Park itu untuk berpose di depan tanda jempol.

Alamat: 1 Hacker Way, Menlo Park, CA 94025

2. Kampus Sun Microsystem

Meski kampus lama Sun Microsystem diambil alih oleh Facebook, masih ada sedikit peninggalannya. Tepat di balik tanda jempol, terdapat tulisan ‘Sun Microsystem’, yang mengingatkan kita mengenai siklus perusahaan teknologi di Silicon Valley. Dan jika Anda merupakan penggemar berat Sun Microsystem, Anda tentu dapat berpose di sana juga.

Alamat: 1 Hacker Way, Menlo Park, CA 94025

3. Kampus Google

Google merupakan satu-satunya perusahaan teknologi dengan koleksi ‘permen’ di luar gedungnya. Karena itu, mengunjungi kampus Google berarti mengambil foto dengan patung-patung koleksi Android berbagai versi. Dan yang terbaru, Android Marshmallow, juga sudah terpajang di sana.

Tak hanya itu, Anda dapat berjalan di atas ‘Jembatan Gerbang Google’ (Google Gate Bridge) yang menghubungkan bangunan-bangunan di kampus, meskipun Anda tidak dapat menyelinap untuk makan siang gratis di dalam Googleplex, kecuali seorang karyawan menawarkan tur ke dalamnya.

Alamat: 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043

4. Buck’s of Woodside

Tempat makan siang populer di Silicon Valley adalah Buck’s of Woodside. Jaraknya sangat dekat dari Sand Hill Road. Karena itu, restoran unik tersebut telah menjadi saksi atas kelahiran banyak perusahaan teknologi.

Misalnya, demo pertama PayPal berlangsung di sana. Juga penggabungan Hotmail. Pemilik Buck’s of Woodside bahkan mengklaim bahwa prototipe awal Tesla berhenti di luar restorannya.

Alamat: 3062 Woodside Road, Woodside, CA 94062

5. Garasi HP

Garasi HP adalah rumah bagi hari-hari awal perusahaan Hewlett-Packard. Dave Packard dan istrinya, Lucille, pindah ke apartemen lantai pertama pada 1938, sedangkan Bill Hewlett tinggal di dalam gudang di belakang. Setelah Hewlett menikah, garasi berubah menjadi kantor bisnis HP.

Garasi HP ditetapkan sebagai ‘tempat kelahiran Silicon Valley’ pada 2007, ketika ditambahkan ke Daftar Nasional Tempat Bersejarah di Amerika Serikat. Meski garasi dan rumah tertutup untuk wisata umum, pengunjung dapat mengambil gambar dari sisi jalan.

Alamat: 367 Addison Ave, Palo Alto, CA 94301

6. Garasi Steve Jobs

Banyak perusahaan teknologi Silicon Valley berawal di sebuah garasi dan salah satunya adalah Apple. Steve Jobs tinggal bersama orangtuanya di rumah masa kecilnya, ketika ia mulai berkutat dengan komputer Apple.

Jobs dan co-founder Apple, Steve Wozniak, menyelesaikan 50 komputer pertamanya di garasi tersebut, meskipun Woz kini mengklaim garasi tersebut hanyalah ‘mitos’.

Di sana juga ada The Byte Shop (1063 West El Camino Real) yang kini sudah tidak berfungsi. Toko komputer itu membeli 50 komputer Apple-1 pertama yang dibuat oleh Jobs dan Wozniak di garasi tersebut seharga masing-masing US$ 500.

Alamat: 2066 Crist Dr, Los Altos, CA 94024

7. Garasi Google

Pada 1988, co-founder Google memilih seorang tuan tanah besar. Kepala YouTube, Susan Wojcicki telah menyewakan garasinya ke Larry Page dan Sergey Brin untuk membantunya menutupi pembayaran hipotek pada saat itu.

Larry Page dan Sergey Brin kemudian mengubah garasi tersebut, lengkap dengan karpet biru, yang kemudian menjadi markas besar Google. Google tinggal di garasi itu hingga mempekerjakan tujuh karyawan dan menemukan tempat sendiri. Google membeli kembali garasi itu, meskipun tidak terlalu sering menggunakannya.

Alamat: 232 Santa Margarita Ave, Menlo Park, CA 94025|

8. Chef Chu

Terletak di Los Gatos, Chef Chu telah menjadi persinggahan yang menawarkan hidangan lezat bagi para bos teknologi selama bertahun-tahun. Steve Jobs pun termasuk yang pernah makan di sana. Kemudian, mantan CEO Intel, Craig Barrett dilaporkan selalu memiliki booth sendiri di restoran Tiongkok itu.

Barrett menyimpan pesan fortune-cookie dari restoran itu juga, dan selama meeting yang ia ikuti, ia akan selalu membacakan pesannya: “Dunia akan selalu menerima bakat dengan tangan terbuka”. Chef Chu terletak dekat markas Box, sehingga Anda dapat melihat para petinggi perusahaan komputasi awan tersebut makan di sana secara teratur.

Alamat: 1067 N San Antonio Rd, Los Altos, CA 94022

sumber : liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here