Google Sebar Marshmallow untuk Nexus dkk

0
297

Jakarta – Seperti yang dijanjikan sebelumnya, Google sudah mulai memberikan update Android 6.0 Marshmallow untuk perangkat Nexus tertentu. Dan pembaruan tersebut akan diberikan dengan metode over-the-air (OTA) secara bertahap.

Namun untuk yang tak sabar menunggu update via OTA, Google juga menyediakan file pembaruan tersebut untuk diunduh dan diinstal oleh para pengguna Nexus. Tautan pengunduhan tersebut berada di laman ‘Nexus Files for Developer’ milik Google.

Di laman tersebut, tersedia beberapa file pembaruan Marshmallow untuk beberapa perangkat yang berbeda, yaitu Nexus 5, 6, 7 (2013), 9 dan Nexus Player. Namun siap-siap saja, karena file pembaruan ini punya ukuran yang cukup besar.

Contohnya, factory images Marshmallow untuk Nexus 6, yang filenya berukuran tak kurang dari 1 GB. Dan proses instalasi update ini juga terbilang cukup rumit, jika dibandingkan dengan proses update via OTA.

Tapi tenang saja, karena Google pun memberikan tutorial instalasi manual tersebut di laman yang sama, demikian seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (6/10/2015).

Ada beberapa fitur utama yang jadi keunggulan di Android 6.0 Marshmallow ini. Antara lain adalah Doze, yang diklaim bisa mengurangi konsumsi daya baterai saat perangkat sedang tak digunakan.

Lalu ada Now on Tap, yang bisa memindai dan menganalisis hal apapun yang ada di layar perangkat. Kemudian ia bisa mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan hal tersebut.

Marshmallow pun sudah mendukung penggunaan otentifikasi melalui sidik jari, hal yang tak ada di OS Android versi sebelumnya. Dan tentulah perangkat yang sudah mendukung penuh fitur ini adalah dua Nexus anyar yang diluncurkan Google pekan lalu, yaitu Nexus 5X dan 6P.

 

sumber : detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here