Di Masa Depan, Ada Gadget Anti Mabuk Laut untuk Traveler

0
233

London – Kemajuan teknologi membawa manfaat untuk dunia traveling. Para ilmuwan di Inggris mengklaim telah menemukan cara untuk mencegah mabuk laut melalui alat yang dipasang ke smartphone.

Kabar gembira ini juga diberitakan oleh harian Daily Mail dan Telegraph. Dirangkum detikTravel, Rabu (7/10/2015), para ilmuwan dari Imperial College di London mengaku telah menemukan sebuah alat yang bisa mengatasi mabuk laut untuk traveler. Mereka pun berharap alat temuan mereka ini bisa dipasarkan secara massal dalam 5 hingga 10 tahun ke depan.

Dr Qadeer Arshad, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam proyek pengembangan alat ini, menjelaskan prinsip kerja dari alat anti mabuk laut tersebut dengan menggunakan gelombang elektrik dengan besaran tertentu yang ditempelkan ke kulit kepala. Stimulus elektrik pada beberapa titik di kepala itulah yang nantinya akan menyembuhkan mabuk laut.

Meskipun menggunakan elektroda yang berarus listrik, namun Dr Qadeer menjamin penggunaan alat tersebut aman karena besaran voltasenya telah disesuaikan dengan kebutuhan. Alat ini juga sudah menjalani uji coba kepada beberapa orang penumpang ferry, dan hasilnya terbukti cukup positif. Gejala mabuk laut seperti mual, pusing serta rasa tidak nyaman di perut berkurang secara drastis.

Alat anti mabuk laut ini nantinya akan tersambung dengan smartphone melalui colokan headphone. Selanjutnya, ada semacam elektroda yang akan ditempelkan di beberapa titik di kulit kepala, seperti koyo. Nah, melalui kabel akan mengalir arus listrik yang ramah dan mampu meredakan penyebab mabuk laut karena tepat sasaran di titik penyebabnya.

Dr Qadeer dan rekannya berharap alat ini sudah bisa dijual di apotik maupun toko obat dalam 5-10 tahun mendatang. Alat anti mabuk ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi traveler yang kerap merasakan mabuk laut saat bepergian dengan menggunakan kapal. Daripada mengonsumsi obat-obatan kimia yang membawa efek samping tertentu, lebih baik mengunakan alat ini.

Kita tunggu saja realisasinya!

sumber : detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here