5 Cara Atur Anggaran untuk Menikah

0
219

025252900_1443706787-Cover

Jakarta – Topik keuangan memang terkadang menjadi topik sensitif untuk dibicarakan, apalagi ketika membicarakan masalah ini dalam sebuah rencana pernikahan. Bahkan terkadang masalah ini memicu pertengkaran jelang hari bahagia.

Lalu bagaimana sebaiknya agar Anda dapat membicarakan hal ini dengan mudah?

Seperti yang dilansir dari laman Huffingtonpost, Minggu (4/10/2015), berikut beberapa tips perencanaan keuangan yang dapat diikuti dalam mempersiapkan sebuah pernikahan:

1. Kebiasaan yang berubah

Apabila dahulu kita sering terjebak dengan tradisi yang mengharuskan salah satu pihak yang menanggung seluruh biaya pernikahan, kini semua kebiasaan tersebut telah berubah.

Jangan terlalu terperangkap dengan stigma yang berkembang di masyarakat akan pembagian jatah finansial, justru komunikasi yang baik dengan pasanganlah yang harusnya menentukan bagaimana sebaiknya pembagian keuangan pernikahan ini nantinya.

2. Berbicara pada pasangan

Cobalah ajak pasangan Anda duduk dan membicarakan masalah ini bersama. Selain dapat menghasilkan keputusan bersama, Anda pun dapat menentukan prioritas sejauh mana nantinya pernikahan Anda akan diselenggarakan.

Ingat, terkadang emosi Anda dapat terpancing ketika membicarakan hal ini, jadi cobalah untuk membuat alur perbincangan senyaman mungkin bersama pasangan

3. Membagi anggaran

Anggaran dalam pernikahan dapat dibagi dalam berbagai cara. Selama semua pihak setuju dengan apa yang direncanakan, Anda dan pasangan dapat dengan membagi keuangan tersebut sesuai kebutuhan.

Banyak pasangan yang memutuskan untuk membiayai pernikahan mereka sendiri, namun ada juga yang memilih untuk meminta bantuan orang tua, kerabat atau relatif untuk memenuhi anggaran ini.

Tapi tetap ingat, apabila Anda meminta bantuan pihak ketiga dalam anggaran pernikahan Anda, cobalah untuk tetap realistis dengan besaran yang diterima, dan Anda pun tidak boleh memaksakan hal ini.

4. Tetap pada Rencana

Seringkali Anda akan dihadapkan dengan banyaknya pendapat dari kerabat serta orang-orang sekitar agar pernikahan Anda dapat berjalan dengan lancar. Tidak ada yang salah memang tentang hal ini, akan tetapi cobalah untuk mensortir sekiranya apa yang sebenarnya Anda butuhkan.

Terlalu banyak mengikuti pendapat orang kebanyakan juga akhirnya akan membingungkan Anda sendiri.

5. Ikuti Anggaran yang ada

Setelah semua detail keuangan telah diputuskan, sekarang Anda tinggal mengeksekusi semuanya sesuai rencana. Ada kalanya hal ini terasa sulit untuk dilakukan, oleh karena itu Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda untuk memonitor pengeluaran yang dilakukan.

Jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan untuk mengantisipasi adanya pengeluaran dadakan yang harus Anda penuhi.

Perbincangan akan anggaran pernikahan memang terkadang sulit untuk dilakukan. Namun, dengan mencoba mengkomunikasikan semuanya dengan baik, Anda pun akan mampu mencapai persetujuan yang diinginkan.

 

sumber : liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here