Toyota Bakal Tambah Line Up Mobil Hidrogen

0
286

019913900_1443880229-20151003-Cape_Verde3

 

Tokyo -Mobil hidrogen Toyota Mirai tidak akan sendirian di jajaran mobil ramah lingkungan Toyota. Sebab, produsen asal Jepang itu berniat untuk menambah varian mobil sel bahan bakar di massa depan.

Seperti diberitakan Autocar, Jumat (2/10/2015), Kepala Teknisi Toyota Mirai, Yoshikazu Tanaka menngindikasikan bahwa dia ingin melihat mobil sel bahan bakar Toyota bisa berkembang biak. Menurutnya, di massa mendatang teknologi mobil berbahan bakar hidrogen akan diperluas.

Sayang, Tanaka enggan membeberkan bentuk apa yang akan menjadi mobil hidrogen Toyota selanjutnya. Namun, salah seorang sumber mengatakan, model hatchback, MPV dan SUV menjadi pertimbangan Toyota.

Cara Kerja Mobil Hidrogen

Sementara itu, Tanaka mengatakan, kemajuan teknologi mobil hidrogen makin pesat. Sel bahan bakat yang pada tahun 2008 memiliki berat 108 kg dan memproduksi tenaga 121 bhp, kini beratnya bisa dipangkas menjadi 56 kg dengan tenaga 153 bhp.

Namun, ia menyadari bahwa untuk menghasilkan teknologi hidrogen yang benar-benar bersih untuk semua kendaraan membutuhkan proses yang panjang. Hal itu membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Test Drive Toyota Mirai

“Masalahnya bukan hanya bagaimana melepaskan hidrogen dari energi terbarukan, tapi bagaimana menjadikannya terjangkau,” kata Tanaka.

Toyota sudah mengembangkan mobil sel bahan bakar atau hidrogen sejak 21 tahun yang lalu. Sistem sel bahan bakar Toyota terdiri dari FC Stack, yang menghasilkan tenaga listrik dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen, serta sebuah tangki hidrogen bertekanan tinggi.

Mobil hidrogen mulai mengalami perkembangan pesat di 2002. Tahun itu Toyota mulai menyewakan mobil Toyota FCHV, sebuah SUV.

Mobil hidrogen sangat ramah lingkungan karena dari sistem pembuangan hanya mengeluarkan air saja, sebagai hasil reaksi antara hidrogen dan oksigen.

 

sumber : detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here