AMD Kenalkan Prosesor Terbaru, Apa Kelebihannya?

0
242

Jakarta – Lini prosesor terbaru dari Advance Micro Devices (AMD) baru saja diperkenalkan. Mengutip informasi dari Venture Beat, prosesor terbaru AMD ini diklaim 46 persen lebih hemat energi dalam hal jejak karbon dari chip generasi sebelumnya.

Pada tahun 2014, AMD menetapkan tujuan efisiensi energi 25×20 untuk memberikan efisiensi energi setidaknya 25 kali lebih banyak dari mobile Accelerated Processing Unitatau unit pemrosesan mobile yang dipercepat –APU, chip yang menggabungkan mikroprosesor dan grafis pada bagian yang sama dari silikon pada tahun 2020.

Tahun ini, AMD meluncurkan AMD APU seri A dengan kode nama Carrizo. Efisiensi energi dari prosesor Carrizo menempatkan AMD di garis depan tren yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan 25×20.

Dibandingkan dengan APU generasi Kaveri sebelumnya, Carrizo memiliki jejak karbon yang lebih kecil karena chip tersebut lebih hemat listrik dan komputer yang menggunakannya menghabiskan lebih sedikit energi dibandingkan dengan generasi sebelumnya, berdasarkan sebuah studi yang dirilis oleh AMD.

Sam Naffziger, anggota perusahaan AMD, mengatakan bahwa penekanan di tahun-tahun sebelumnya ada pada peningkatan kinerja chip dengan mengambil keuntungan dari Hukum Moore, atau dua kali lipat dari jumlah transistor setiap dua tahun, atau bahkan lebih.

Tapi saat kinerjanya meningkat, maka begitu juga konsumsi daya. Dalam beberapa tahun terakhir, baik Intel maupun AMD telah lebih menekankan pada efisiensi energi, daripada kecepatan semata. Observasi yang dikenal sebagai Hukum Koomey, yang menyatakan bahwa jumlah perhitungan yang dapat dilakukan per unit energi, meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan.

Miniaturisasi transistor membantu mengurangi konsumsi daya dalam beberapa hal, tetapi kemampuan untuk melakukan hal itu saat ini menabrak batas yang dikenakan oleh hukum fisika. AMD sedang mencoba mengakalinya dengan trik desain yang membantu mengatasi masalah ini, dan Carrizo adalah salah satu hasilnya.

Tiga (3) miliar komputer pribadi saat ini bertanggung jawab atas lebih dari 1 persen dari seluruh energi yang dikonsumsi di seluruh dunia, sedangkan 30 juta server yang digunakan mewakili 1,5 persen lainnya dari energi yang dikonsumsi. Server tersebut memakan biaya US$ 14-18 miliar per tahun dalam penggunaan listrik.

Untuk memenuhi tujuan 25×20 nya, AMD mengatakan, harus ada peningkatan laju keuntungan efisiensi energi melalui penggunaan teknologi dan metode baru. Carrizo menawarkan perbaikan seperti kemampuan untuk mengoptimalkan tegangan dengan menyesuaikannya terhadap tugas yang harus diselesaikan ini dan menimbang frekuensi yang diperlukan.

 

sumber : liputan6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY