9 Fakta tentang Anak Pembuat `Bom` yang Diundang Mark Zuckerberg

0
305

Jakarta – Anak berusia 14 tahun di Texas yang diborgol di hadapan teman-teman sekelasnya dan ditangkap oleh polisi menjadi sorotan dunia. Mulai darinetizen di situs jejaring sosial, sampai para petinggi perusahaan teknologi seperti Mark Zuckerberg, hingga politisi Hillary Clinton dan presiden Barack Obama, menyampaikan dukungannya terhadap anak yang bernama Ahmed Mohamed tersebut.

Untuk mengetahui duduk perkaranya lebih jelas lagi, berikut ini sembilan (9) fakta tentang anak pembuat “bom” yang diundang Mark Zuckerberg untuk berkunjung ke Facebook. Kami menghimpun informasi ini dari┬áberbagai sumber.

1. Orang yang menelepon polisi adalah guru bahasa Inggris Ahmed

Menurut laporan Dallas News, polisi tiba di sekolah dan memborgol Ahmed yang saat itu mengenakan baju NASA tepat di hadapan teman-temannya, setelah guru bahasa Inggris Ahmed melihat jam buatannya.

Masih dari sumber yang sama, diketahui bahwa Ahmed merupakan anak dari imigran yang berasal dari Sudan.

2. Meski tidak punya alasan kuat bahwa jam itu adalah bom, polisi tetap menangkap Ahmed

Juru bicara kepolisian setempat, masih bersumber dari Dallas News, mengatakan, “Kami tidak memiliki informasi bahwa jam itu diklaim sebagai bom. Dia terus mempertahankan bahwa itu jam, tapi tidak ada penjelasan lebih lanjut. Ini bisa menjadi keliru sebagai sebuah perangkat yang dibiarkan di kamar mandi atau di bawah mobil. Perhatikan saja, untuk apa benda ini dibuat? Perlukah kami membawa anak itu ke tahanan?”.

7. Ahmed akan memenuhi undangan Barack Obama dan berencana pindah sekolah

Dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip dari The Next Web, Ahmed berterima kasih atas dukungan semua pihak terhadap dirinya, termasuk Barack Obama. Ia mengatakan bahwa ia akan memenuhi undangan Obama di Gedung Putih. Selain itu, ia juga berencana untuk pindah sekolah.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, di akun Facebook miliknya, juga mengundang Ahmed.

“Mungkin kalian sudah mendengar kabar mengenai Ahmed, siswa 14 tahun di Texas yang membuat jam dan ditangkap karena membawanya ke sekolah. Mempunyai keahlian dan ambisi untuk membuat sesuatu seharusnya dihargai, bukan ditangkap. Masa depan bergantung pada orang-orang seperti Ahmed. Ahmed, kalau kamu ingin datang ke kantor Facebook, aku ingin menemuimu. Tetaplah berkreasi,” tulis Zuck.

8. Gerakan menggalang dana

Di sebuah situs crowdfunding bernama Launch Good, muncul gerakan untuk menggalang dana bagi Ahmed. Dana yang ditargetkan terkumpul adalah US$ 100 ribu. Terhitung sampai pukul 12.30 WIB Jumat (19/09/2015), dana yang terkumpul telah mencapai $12,284 dan tersisa 25 hari untuk menggalan sisanya.

9. Ahmed mungkin akan mendapat beasiswa

Dilansir dari Huffington Post, dikabarkan bahwa juru bicara Pusat Luar Angkasa dan Roket Amerika Serikat mengonfirmasi bahwa saat ini sedang bergulir rencana beasiswa bagi Ahmed untuk menghadiri gelaran space camp di Alabama, di mana ia akan bergabung dengan para astronot, insinyur, dan teknokrat untuk mengikuti sejumlah latihan luar angkasa. (sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here