7 Jemaah Indonesia Dipastikan Meninggal dalam Tragedi Mekah

0
224

kabah-mekkah_

 

Mekah – Kesimpangsiuran jumlah anggota jemaah haji Indonesia yang wafat musibah craine tumbang di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi akhirnya terjawab. 7 Anggota jemaah ditetapkan meninggal dunia. 41 Calon haji terluka, namun 10 orang sudah dipulangkan ke pemondokan.

“Tim Daerah Kerja Mekah telah melakukan proses verifikasi dari hari Sabtu pagi sampai Minggu dini hari pukul 02.30 WAS. Sebanyak 5 jemaah haji Indonesia dikabarkan meninggal, di luar nama yang sudah resmi dipublikasi oleh pemerintah,” ucap Kepala Daerah Kerja (Mekah)Mekah Arsyad Hidayat saat konferensi pers di Kantor Haji Daker Mekah, Arab Saudi, Minggu (13/9/2015) dini hari.

Arsyad menambahkan hingga saat ini Certificate of Death (COD) atas 5 jemaah tersebut memang belum diterbitkan. “Tapi kami telah memastikannya dengan cara melihat langsung jenazah. Ada 7 saksi yang turut menyaksikan keempat jenazah tersebut di tempat pemulasaran jenazah di Almuaisim.”

Sejauh ini imbuh Arsyad, pihak keluarga korban meninggal dunia telah diberi kabar. Sebagian yang lain belum berhasil dhubungi karena keterbatasan akses ke keluarga yang ditinggalkan.

“Kami atas nama pemerintah dan penyelenggara ibadah haji, menyampaikan belasungkawa mendalam atas meninggalnya jemaah haji yang jadi korban jatuhnya crane. Semoga amal ibadah mereka diterima Allah, dan keluarga mendapat kesabaran, dan kita semua mendapatkan hikmahnya,” beber Arsyad.

Arsyad juga menyampaikan perkembangan terbaru kondisi jamaah yang menjadi korban jatuhnya crane di Masjidil Haram yang dirawat di BPHI Mekah dan 5 rumah sakit milik pemerintah Arab Saudi.

“Kondisinya adalah, ada 10 orang jemaah yang sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit dan sudah kembali ke pemondokan masing-masing. Sementara 30 orang jemaah masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi, dan satu orang masih dirawat di BPHI Mekah,” pungkas Arsyad.

Berikut 7 calon haji asal Indonesia yang dipastikan wafat akibat tragedi Mekah atau jatuhnya crane di Masjidil Haram:

1. Masnauli Sijuadil Hasibuan  (Paspor B1061239 – Embarkasi Medan)
2. Iti Rasti Darmin  (Paspor B0716645 – Embarkasi Jakarta Bekasi)
3. Painem Dalio Abdullah  (Paspor B1258831 – Embarkasi Medan)
4. Saparini Baharudin Abdullah  (Paspor B1258832 – Embarkasi Medan)
5. Nurhayati Rasad Usman  (Paspor B0393770 – Embarkasi Padang)
6. Ferry Mauludin Arifin Dulhai  (Paspor A9464489 Embarkasi Jakarta Bekasi)
7. Jovi Lili (Paspor B1197332 – Embarkasi Jakarta-Bekasi)

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here